PAWIYATAN
Vol 22, No 1 (2015)

STUDI EKSPLORASI VIOLENCE AWARENESS PADA MAHASISWA: UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN PADA WANITA DAN ANAK

Endang Wuryandini, Zusrotin Liftiah ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
04 May 2015

Abstract

Tindak kekerasan terhadap wanita dan anak masih sering terjadi di dalam dunia pendidikan. Tindak kekerasan yang paling banyak terjadi disinyalir berturut-turut adalah tindak kekerasan fisik, kemudian psikis, dan tindak kekerasan seksual. Tindak kekerasan dapat terjadi pada siapa saja, dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Salah satu tempat publik yang disinyalir sering terjadi tindak kekerasan adalah di sekolah, sedangkan tempat domestiknya adalah di rumah. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan Violence Awareness antara mahasiswa laki-laki dengan wanita. 2) Apakah ada perbedaan Violence Awarness antara mahasiswa jurusan kependidikan dengan non kependidikan, dan 3) untuk mengetahui karakteristik latar belakang sosial ekonomi keluarga responden. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa dari perguruan tinggi di Semarang, baik dari PTN atau PTS. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportional sampling.  Proporsi yang dimaksud yaitu proporsi jumlah subjek laki-laki dan wanita, serta dari jurusan kependidikan dan non kependidikan. Subjek penelitian sebanyak 160 orang terdiri dari 80 orang mahasiswa laki-laki dan 80 orang wanita. Mereka berasal dari mahasiswa kependidikan sebanyak 80 orang dan yang berasal dari non kependidikan sebanyak 80 orang. Metode pengumpulan data dengan mengkombinasikan beberapa teknik yaitu kuesioner, wawancara, focus group discussion (FGD). Metode analisis data menggunakan uji beda (t-test) untuk melihat ada tidaknya perbedaan violence awareness antara subjek laki-laki dan wanita, serta subjek dari mahasiswa kependidikan dan non kependidikan. Analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan dinamika yang tidak bisa didapatkan dari data kuantitatif. Hasil analisis statistik dengan uji beda (t-test) diperoleh hasil sebagai berikut (1). Terdapat perbedaan yang sangat signifikan violence awareness antara subjek laki-laki dan wanita dengan t sebesar 0,0001 dengan nilai mean wanita lebih besar dari laki-laki. Mean subjek wanita sebesar 98,97 sedangkan mean laki-laki sebesar 93,87. Hal ini berarti violence awareness wanita lebih tinggi dibandingkan dengan subjek laki-laki. (2). Tidak terdapat perbedaan violence awareness antara mahasiswa kependidikan dan mahasiswa non kependidikan, dengan t sebesar 1,08 dan nilai mean mahasiswa kependidikan sebesar 97,34 dan mahasiswa non kependidikan dengan mean sebesar 95,51. Mayoritas subjek (92%) memiliki violence awareness tinggi, dan hanya sedikit (8%) yang memiliki violence awareness rendah. Kata Kunci : Violence Awareness, mahasiswa, kekerasan, wanita dan anak.

Copyrights © 2015