Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Menonton Film The Tinder Swindler Terhadap Self Disclosure Perempuan Di Kota Bogor

Nurul Hidayat (Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda)
Salsabila Nurshabrina (Universitas Pancasila)
Umar Halim (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Dalam proses komunikasi tentu keterbukaan diri diperlukan untuk memperlancar komunikasi, namun pada kenyataannya keterbukaan diri atas informasi dari seseorang dapat disalahgunakan untuk kasus kejahatan, dan tindakan buruk lainnya. Seperti yang ditayangkan dalam film dokumenter The Tinder Swindler, perempuan sering kali menjadi target kejahatan dan penipuan melalui aplikasi kencan online atau media sosial lainnya. Dalam menonton film tersebut audiens dapat memberikan pandangan berbeda terkait informasi yang disampaikan, tergantung dengan tinggi atau rendahnya pengaruh dari film tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana pengaruh dari film dokumenter The Tinder Swindler terhadap keterbukaan diri (self disclosure) pada perempuan di Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus respon karena dalam teori ini audiens berhak menerima ataupun menolak pesan atau informasi yang disampaikan melalui media khususnya dalam penelitian ini adalah film. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling dengan informan perempuan usia 17-30 tahun di kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar perempuan di kota Bogor terpengaruh oleh film The Tinder Swindler karena adanya pemahaman dan pemikiran baru mengenai keterbukaan diri sehingga menjadi lebih selektif dan hati – hati ketika bertemu dengan orang baru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...