Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Penggolongan Hewan Untuk Sekolah Dasar

Agustin Ningsih (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Nataria Wahuning Subayani (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Arya Setya Nugraha (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dari media pembelajaran ular tangga penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penggunaan media pembelajaran sangat jarang digunakan dalam pembelajaran dikarenakan alasan biaya yang terlalu mahal. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu peserta didik kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan 4D akan tetapi penelitian ini hanya dilakukan hanya pada tahap ketiga dikarenakan terjadinya pandemi yang membatasi proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu 1) Pendefinisian (Define) yaitu analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran, 2) Perancangan (Design) yaitu pemilihan bahan media pembelajaran, pemilihan format dan desain media pembelajaran dan 3) Pengembangan (Develop) yaitu validasi dan uji coba terbatas. Penelitian ini hanya dilakukan pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan yang dilakukan oleh para validator mencapai 81,25% dengan kategori valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...