Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya transaksi digital dan semakin banyaknya bank yang meluncurkan aplikasi mobile banking untuk membantu mempermudah aktivitas keuangan sehari-hari nasabahnya. Dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi mobile banking. Metode TAM digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang berhubungan dengan penerimaan aplikasi mobile banking. Faktor-faktor yang akan diteliti dalam penelitian ini meliputi persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, dan branding. Penelitian ini dilakukan terhadap 400 responden yang merupakan nasabah salah satu bank di wilayah Jakarta dan telah menggunakan aplikasi mobile banking baru dari bank tersebut. Dari hasil penelitian ini akan diperoleh hasil yang menggambarkan apakah usability, convenience, security, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan mobile banking. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perbankan dalam meningkatkan pelayanannya ditinjau dari keempat faktor tersebut.
Copyrights © 2022