Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Manajemen Kepala Madrasah dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Tanah Datar

Riyan Hidayat (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Asmendri Asmendri (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Lita Sari Muchlis (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap manajemen kepala madrasah dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di MIN 3 Tanah Datar terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian lapangan. Informan penelitian berjumlah 3 orang: Kepala madrasah, wakil madrasah bidang kurikulum, dan guru madrasah. Hasil penelitian menunujukan: 1) Tahapan perencanaan diketahui bahwa kepala madrasah telah melaksakan tugasnya terkait dengan a) peningkatan kemampuan siswa dengan cara mengevaluasi pembelajaran daring menjadi luring dengan membagi mereka kedalam kelompok berdasarkan kemampuannya untuk mencapai SKL & KD, b) memaksimalkan pembelajaran daring menganalisis dan melakukan remedial kepada siswa yang memiliki skor di bawah KKM, c) selanjutnya adalah menugaskan wakil kurikulum untuk membagi tugas guru dalam membuat model, perangkat, dan penilaian pembelajaran. Sementara untuk wali kelas, dia memiliki tanggungjawab lebih dengan tambahan mensosialisasikan apa yang telah dirancang guru kepada orang tua murid; 2) Berkaitan dengan tahapan pelaksanaan, adanya upaya kepala madrasah telah melaksakan tugasnya berkaitan dengan beberapa hal, yaitu: a) upaya dalam memberikan ruang bagi guru untuk meningkatkan keahlian mengajarnya melalui keikutserataannya dalam pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar, b) upaya motivasi yang dilakukan kepala madrasah terhadap guru terkait tujuan pembelajaran; 3) Berkaitan dengan tahapan pengawasan, kepala madrasah telah melakukan pengawasan baik lansung maupun tidak. Pengawasan lansung berupa masuk ke kelas-kelas, Sedangkan tidak lansung dilakukan melalui pertanyaan-pertanyaan kepada forum rapat yang dilakukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...