Perkembangan teknologi memberi dampak positif dan negatif terhadap semua lini kehidupan. Ketergantungan peserta didik terhadap gadget menjadi salah satu efek negatif dari perkembangan ini. Terlepas dari efek negatif, perkembangan teknologi juga bisa diarahkan untuk hal positif, diantaranya pemanfaatan media vlog untuk pembelajaran maharah kalam (keterampilan berbicara bahasa Arab). Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan vlog dalam pembelajaran maharah kalam dan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan vlog sebagai media pembelajaran maharah kalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media vlog merupakan media yang efektif untuk pembelajaran maharah kalam dengan banyak kelebihan, diantaranya mudah digunakan, ekonomis dan menambah keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi. Vlog juga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan minat siswa dalam berbicara bahasa Arab.
Copyrights © 2022