Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023

Eduard F. Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Minar Lumban Tobing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lasma Siagian (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV Sd Negeri 096113 Tanjung Saribu Tahun Ajaran 2022/2023. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperiment (pre-eksperimental sering disebut dengan istilah One Group Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu (1) tes awal (pretest), (2) pemberian perlakuan (treatment), (3) tes akhir (posttest), (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas menggunakan program SPPS V21, dan uji hipotesis. Rata- rata nilai pretest dan posttest siswa adalah 47.333 dan 81.833. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data pretest-posttest diperoleh thitung>ttabel atau 5,53 > 1,699. Sehingga diambil keputusan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Keputusan ini menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada sub tema manfaat energi di SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...