Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 1 Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023

Dian Try Prastika (Universitas Negeri Yogyakarta)
Mujinem Mujinem (Universitas Negeri Yogyakarta)
Andri Noviati Fheasta (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA yaitu dengan presentase hasil belajar sebesar 33%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model discovery learning pada peserta didik kelas III SD Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik engumpulan data pada penelitian ini menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah diterapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning pada siklus I pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata 65,8 dengan persentase ketuntasan 45,8%. Pada Pertemuan kedua nilai rata-rata yaitu 69,2 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,7%. Setelah diadakan perbaikan data hasil belajar siklus II meningkat pada pertemuan pertama nilai rata-rata peserta didik adalah 75 dengan persentase ketuntasan 75%. Pada pertemuan ke dua, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,8 dengan persentase ketuntasan sebesar 83%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan Hasil belajar IPA Tema 1 Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Dukuh Tengah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...