Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Korelasi Dukungan Sosial Orangtua dan Berpikir Positif dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional

Waldimer Pasaribu (Universitas Bangka Belitung)
Tri Arie Bowo (Universitas Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa. Hipotesis penelitian ini adalah: 1).Ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. 2). Ada hubungan negatif antara berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. 3).Ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan skala dukungan sosial orangtua, skala berpikir positif dan skala kecemasan menghadapi ujian nasional. Sampel penelitian ini sebanyak 55 siswa dengan tehnik probability sampling, secara khusus dengan cara klaster (cluster random sampling). Teknik analisa data menggunakan analisis product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,534 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan negatif antara berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,579 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif secara bersama-sama dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa dengan R square 0,384 atau 38,4%, artinya bahwa 38,4% variabel kecemasan menghadapi ujian nasional dijelaskan oleh dukungan sosial orangtua dan berpikir positif, sedangkan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh variabel lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...