Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di Kelas IV SD

Prima Vibopa Damanik (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Juni Agus Simaremare (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Esti Marlina Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di Kelas IV UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar sebanyak 30 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 % menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV A pada subtema 3 ayo cintai lingkungan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 44, 702 > 1, 701 dengan taraf kesalahan 3% maka H_0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV A pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...