Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pematang Siantar

Ramadani Ramadani (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Theresia Monika Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Lois Oinike Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan desain penelitian adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematagsiantar. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan sampel yang terpilih adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes uraian sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 dengan thitung = 9,4341 dan ttabel = 1,6698, ini menunjukkan bahwa t?????? > t????? atau 9,4341 > 1,6698, maka ?0 ditolak dan ?a diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...