Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang

Edwin Parlindungan Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang Peneliutian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode One Group Eksperimental. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas V SD 091409 Sarimatondang yang berjumlah 31 siswa. Penelitian eksperimen ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa pada tema 3 subtema 1 kelas V SD Negeri 091409. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa pada tema3 subtema1 di kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai angket menggunakan Uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 14.248 sedangkan F tabel diperoleh sebesar 0,413 . Dengan demikian hasil analisis F hitung adalah F hitiung lebih besar dari F tabel (12,162>0,413) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 019409 secara signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...