Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang Peneliutian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode One Group Eksperimental. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas V SD 091409 Sarimatondang yang berjumlah 31 siswa. Penelitian eksperimen ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa pada tema 3 subtema 1 kelas V SD Negeri 091409. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa pada tema3 subtema1 di kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai angket menggunakan Uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 14.248 sedangkan F tabel diperoleh sebesar 0,413 . Dengan demikian hasil analisis F hitung adalah F hitiung lebih besar dari F tabel (12,162>0,413) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 019409 secara signifikan.
Copyrights © 2022