Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Aplikasi Tiktok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematang Siantar

Theo Affany Dhea Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Jumaria Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi tik tok terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematang siantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs, yaitu One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 24 siswa. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 59,5 dan rata-rata nilai postest adalah 75,33. Berdasarkan hasil pengujian terkait ada tidaknya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dapat dilihat bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, thitung > ttabel yakni 4,905 > 1.713. Hal ini menandakan bahwa secara statistik, media aplikasi tik tok berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh media aplikasi tik tok terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematangsiantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...