Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui minat belajar siswa, (2) Mengetahui prestasi belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini menerapkan pembelajaran Tematik pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan memberikan minat belajar kepada siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 091522 Marubun Jaya, pada bulan Agustus 2022. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV-B sebanyak 30 siswa. Ini merupakan sebagian populasi yang berjumlah 60 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar (X) dan prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data angket minat belajar dengan jumlah sampel 30 orang kemudian di dapat jumlah skor 2.274, dengan rata-rata skor 75,8 dan skor tertinggi yang di dapat 79 dan skor terendah 72. Untuk data prestasi belajar pada subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman dengan jumlah sampel 30 orang didapat nilai 2.390, dengan rata-rata 79,66 dan nilai tertinggi yang di dapatkan nilai 90 dan terendah nilai 70. Dari hasil uji hipotesis uji t didapat thitung = 2,451 dan ttabel 1,701 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar siswa dengan pretasi belajar siswa.
Copyrights © 2022