Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar T.A.2022/2023

Sio Siregar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lasman Malau (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Golda Novatrasio Sauduran Siregar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika (2) lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika (3) motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar sebanyak 175 orang dengan sampel sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Uji prasyaratan yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil Penelitian pada korelasi dengan ?=5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar sig.0,000 < 0,05 dan r = 0,977. (2) hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan r = 404 dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan (R) = 0,983 dan sig.= 0,000 Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar berhubungan besar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...