Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 091522 Marubun

Rani Judika Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian angket atau kuesioner. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun yang berjumlah 54 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana, uji regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data peneliti peroleh yang membahas mengenai pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Hal tersebut dapat dilihat dari pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun dikategorikan kuat dengan besaran nilai 0,647 sesuai dengan hasil uji korelasi pearson product moment. Adapun besarnya pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 41,9%. Artinya peran orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 41,9% dan sebanyak 58,1% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu dari faktor guru, teman, masyarakat, dan lain-lain yang tidak menjadi fokus penelitian. Semakin tinggi peran orangtua maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...