Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Aplikasi Duolingo Terhadap Peningkatan Kosakata (Wortschatz) Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar

Mega Selvia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Tarida Alvina Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Insenalia S. R. Hutagalung (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosakata Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar sebelum dan setelah menerapkan media pembelajaran Duolingo dan untuk mengetahui perbedaan hasil pengetahuan kosakata Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar sebelum dan setelah menerapkan media pembelajaran Duolingo. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan jenis quasi eksperimental menggunakan desain The One-Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar dengan sampel yang berjumlah 39 Peserta Didik. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik tes yang diperoleh dari soal pilihan berganda. Penggunaan Duolingo dalam penelitian ini melalui tahap pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil hipotesis yang diuji dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya peningkatan kosakata Peserta Didik sebelum dan setelah diterapkannya media pembelajaran Duolingo. Hasil penilaian tes Peserta Didik pada pretest atau sebelum diterapkannya media pembelajaran mencapai rata-rata 45,78 pada kategori kurang. Hasil penilaian tes Peserta Didik pada posttest atau setelah diterapkannya media pembelajaran Duolingo terjadi peningkatan mencapai 87,79 pada kategori baik, maka dari itu berdasarkan hasil prettest dan posttest terdapat perbedaan hasil peningkatan kosakata Peserta Didik kelas XI TKJ SMK Swasta HKBP Pematang Siantar sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran Duolingo. Berdasarkan analisis data keterampilan menulis puisi Peserta Didik pada pretest dan posttest maka diperoleh thitung = 12,01 pada taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95 %) pada df= 38 diperoleh ttabel = 1,686. Maka thitung = 12,01 > ttabel = 1,686, sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kosakata Peserta Didik sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran Duolingo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...