Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam
Vol 3 No 2 (2022): Juli-Desember 2022

Upaya Meningkatkan Self-Disclosure Siswa Melalui Teknik Homeroom dalam Layanan Bimbingan Kelompok

Muhammad Alridho Lubis (Universitas Jambi)
Norma Asmilasih (Unknown)
Rasimin Rasimin (Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jambi)
Hera Wahyuni (Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jambi)
Muhammad Alridho Lubis (Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pengungkapan diri adalah kemampuan seseorang untuk menyampaikan informasi kepada orang lain yang meliputi pikiran atau pendapat, keinginan, perasaan dan perhatian. Berdasarkan observasi dan diperkuat dengan hasil wawancara dengan salah satu guru BK dan sosiometri kelas VIII D ditemukan bahwa terdapat siswa dengan tingkat keterbukaan diri yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar peningkatan keterbukaan diri siswa kelas VIII D di SMP Negeri 22 Kota Jambi melalui teknik wali kelas dalam layanan bimbingan kelompok.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Pelayanan (PTL). Subyek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Kota Jambi, menggunakan teknik wali kelas dalam layanan bimbingan kelompok, dengan kriteria siswa yang kurang mampu mengekspresikan diri, kurang keakraban sehingga sulit untuk mengekspresikan diri. pendapat, perasaan dan masalah kepada teman, guru BK dan orang tua. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Sedangkan untuk melihat proses siklus yang telah dilakukan yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan didukung dengan kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan diri siswa dapat ditingkatkan melalui BKP dengan teknik wali kelas. Dari tiga siklus yang dilakukan, siklus III memperoleh hasil terbaik yaitu tingkat keterbukaan diri siswa melalui lembar kriteria keberhasilan meningkat sebesar 91% dan rata-rata keaktifan siswa dalam penerapan teknik mencapai 85% berjalan aktif. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi terobosan bagi praktisi Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan pengetahuan untuk membantu meningkatkan keterbukaan diri mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syifaulqulub

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling . Its scope counseling in education, Sections include research, assessment, supervision in counseling, Islamic Counseling, health counseling, sexual abuse, ...