Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatkan Akses Keluarga terhadap Pelayanan Kesehatan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK)

Aris Wawomeo (Poltekkes Kemenkes Kupang)
Irwan Budiana (Poltekkes Kemenkes Kupang)
Raimunda Woga (Poltekkes Kemenkes Kupang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Minimnya pelaksanaan prilaku hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat menjadi salah satu penyebab masih tingginya masalah kesehatan di Desa Geoghoma. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini meningkatan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan komprehensif melalui pendampingan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Desa Gheoghoma Kabupaten Ende Provinsi NTT. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah screening, ceramah, diskusi, simulasi, praktek dan pendampingan berkelanjutan. Hasil kegiatan berdasarkan 12 indikator program PIS PK yakni 35,8% keluarga tidak memenuhi stadar indikator keikutsertaan program Keluarga Berencana (KB). 1,9% keluarga tidak memenuhi stadar indikator ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapatkan imuniasi dasar lengkap, tidak ada keluaraga yang tidak memenuhi stadar indikator Berdasarkan Bayi Mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif, 15,1% keluarga tidak memenuhi stadar indikator penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, 47,2% keluarga tidak memenuhi stadar indikator penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, semua keluarga yang memenuhi standar indikator penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak di telantarkan. 88,7% keluarga tidak memenuhi stadar indikator anggota keluarga tidak ada yang merokok, 98,1% keluarga tidak memenuhi stadar indikator berdasarkan keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), 15,1% keluarga tidak memenuhi stadar indikator keluarga mempunyai akses sarana air bersih dan 24,5% keluarga tidak memenuhi stadar indikator keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat. Kesimpulan; Pelaksanaan program PIS PK pada masyarakat desa mampu menjadi dasar intervensi kesehatan sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses berbagai bentuk layanan kesehatan konfrehensif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...