Buletin Poltanesa
Vol 23 No 1 (2022): Juni 2022

Sistem Pakar Deteksi Hama dan Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainy Factor

Muammar (Sistem Informasi, Universitas Al Asyariah Mandar)
UL Khairat (Sistem Informasi, Universitas Al Asyariah Mandar)
Rezky Mailani (Teknik Informatika, Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Padi merupakan salah satu tanaman budidaya yang paling utama bagi masyarakat. Budidaya padi berisiko terserang hama dan penyakit, sehingga tidak lepas dari ancaman dan dapat mengakibatkan gagal panen. Oleh karena itu, pengenalan jenis hama dan penyakit tanaman padi sangat diperlukan agar dapat menerapkan tindakan pengendalian yang tepat, cepat, dan akurat. Metode yang digunakan untuk menerapkan aplikasi deteksi hama dan penyakit adalah metode certainty factor karena metode ini mengasumsikan nilai keyakinan dari seorang pakar. Gejala yang digunakan meliputi warna leher padi berwarna abu-abu, berbentuk belah ketupat, bagian tengah berwarna abu-abu atau berwarna putih dan pinggiran berwarna cokelat. Keakuratan sistem yang diusulkan mencapai 91%. Selain itu, sistem pakar diterapkan untuk menentukan penyakit blas padi. Sistem yang diusulkan untuk mendeteksi serangan penyakit blas menggunakan certainty factor. Akurasi sistem yang didapat adalah 91%. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar yang berbasis Android dengan menggunakan metode certainty factor untuk mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman padi. Sistem pakar ini memungkinkan petani untuk mengidentifikasi hama dan penyakit padi dan menemukan solusi untuk mengendalikannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...