Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 2: Desember 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Materi Objek IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Remboken

Yunita Senggaweeng (Universitas Negeri Manado)
Ferdy Dungus (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Remboken pada kelas VII tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menerapkan metode penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII B terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrumen berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 78,41 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 74,91. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil thitung (2,08) > ttabel (1,68) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Remboken pada materi objek IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...