Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 5 Langkai, peserta didik kelas IV dan kepala sekolah SDN 5 Langkai Pengumpulan data yaitu dengan observasi untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas peserta didik dalam belajar, wawancara untuk mencari informasi atau mengetahui bentuk kreativitas guru terhadap media pembelajaran dan respon peserta didik terhadap media yang digunakan, dan dokamentasi untuk mendokumentasikan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV di SDN 5 Langkai masuk dalam kriteria baik saat berkreativitas menggunakan media pembelajaran matematika. Ada 4 komponen indikator dari kreativitas guru yaitu kelancaran berpikir, kemampuan berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinil, dan kelancaran berpikir rinci atau memerinci. Namun tidak semua komponen tersebut dimiliki secara maksimal diantaranya kurangnya alternatif penggunaan media dan media yang digunakan sangat sederhana dan bukan hasil pemikiran sendiri. Meskipun demikian, guru tetap berusaha untuk menggunakan media meskipun hanya menggunakan bahan – bahan yang ada disekolah.
Copyrights © 2022