Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2022 Transisi Global dalam Mencapai SDGs 2030

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN METODE 4-D BERBASIS DIGITAL DI PERGURUAN TINGGI

M. Tasnim (Program Studi S1 Bisnis Digital, Universitas Metamedia, Padang)
Nur Azizah (Program Studi S1 Bisnis Digital, Universitas Metamedia, Padang)
Sri Restu Ningsih (Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Metamedia, Padang)
M. Dahniel Dahlan (Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Metamedia, Padang)
Erdisna Erdisna (Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Pembentukan karakter kewirausahaan dalam proses pendidikan harus menjadi perhatian demi mencapai keunggulan dalam persaingan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kewirausahaan berbasis digital di perguruan tinggi pada mata kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi dengan rumusan kompetensi 4C (Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, dan Kreativitas). Permasalahan yang terjadi adalah software yang dihasilkan mahasiswa hanya sebatas memenuhi tugas mata kuliah, tanpa memikirkan kegunaan software yang dihasilkan sebagai sarana kewirausahaan berbasis digital bagi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah media pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Definition, Design, Development, dan Dissemination. Pengujian media literasi menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah 0,826, yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini valid dan dapat digunakan. Rata-rata hasil penilaian kepraktisan pengoperasikan media literasi kewirausahaan berbasis digital berdasarkan persepsi cendekiawan kelas eksperimen adalah 85 secara berurutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat mendorong mahasiswa untuk membuka usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis digital.

Copyrights © 2022