Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Efektivitas Pembelajaran PAI Berbasis Daring terhadap Partisipasi Belajar Masa Pandemi Covid 19 di SMPIT Al Huda Wonogiri

Edhi Santoso (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Syamsul Huda Rohmadi (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran PAI berbasis daring, tingkat partisipasi belajar dan pengaruhnya pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan mengajukan angket kepada 8 guru PAI dan 230 siswa secara random. Teknik analisis data untuk mengukur tingkat efektivitas dan partisipasi belajar dilakukan secara deskriptif. Kemudian untuk mengukur pengaruh efektivitas dan partisipasi menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran PAI berbasis daring cukup efektif. Hal ini dapat disimpulkan dengan hasil rata-rata 71,3% dari keseluruhan setiap komponen yang dinilai yaitu (1) kualitas pembelajaran 71%, (2) kesesuaian tingkat pembelajaran 79%, (3) insentif 69%, (4) waktu 78%, (5) ketercapaian ketuntasan 69% dan (6) kemampuan guru mengelola pembelajaran 62%. Sementara itu tingkat partisipasi belajar menunjukan 61,5% dari rata-rata keseluruhan setiap komponen yaitu keaktifan siswa sebesar 60,5%, kepatuhan siswa sebesar 63,5%, dan kehadiran siswa sebesar 60,5%. Kemudian tidak ada pengaruh dari efektivitas pembelajaran PAI berbasis daring terhadap partisipasi belajar. Hal ini dapat diketahui dari hasil signifikansi lebih besar yang dari probabilitas (0,05) yaitu sebesar 0,118. Sementara itu tingkat pengaruh antara efektivitas pembelajaran dengan partisipasi belajar PAI secara daring sebesar 11% sedangkan 89% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...