Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kepribadian Anak

Siti Nurhaliza Muda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nadia Afrillia. AR (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Selfi Purnama Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Wahyu Indah Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fauziah Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Pola asuh orangtua ialah hubungan antara anak dan orangtua selama menjalankan proses pendidikan kepada anak . Orangtua memiliki cara tersendiri dalam mengasuh dan membimbing anaknya setiap keluarga memiliki cara dan pola asuh yang berbeda antara keluarga yang satu dengan yang lainnya. Sikap, perilaku dan kebiasaan orangtua akan ditiru oleh anaknya secara terus menerus dan akan menjadi kebiasaan bagi anak-anaknya. Pola perilaku ini dapat dirasakan oleh anak dan bisa memberikan efek negatif maupun positif bagi sosialnya. Orangtua yang menerapkan pola asuh Demokratis cenderung anak akan memiliki kepribadian yang mau mendengar kritik dan saran, percaya diri serta bertanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya dan anak yang yang mendapat pola asuh otoriter cenderung mudah tersinggung, penakut, pemurung,mudah terpengaruh, mudah stres. Begitupula penerapan pola asuh permisif berdampak negatif bagi perkembangan anak khususnya perkembangan sosial emosional anak dimana semakin sering dan semakin tinggi penerapan pola asuh permisif dilakukan, maka akan semakin rendah perilaku sosial yang ditunjukkan oleh anak, Serta pola asuh Lepas tangan orangtua sangat berdampak buruk bagi perkembangan emosional maupun akademik anak, kurang nya rasa perhatian dari orangtua akan menyebabkan kenakalan pada anak,anak akan mencari perhatian kedunia luar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...