Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5, No 4 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Learning Methods of Religious Case Studies in Disaster Mitigation Teaching Materials for Environmental Care Character Development

Mustolikh Mustolikh (Unknown)
Dasim Budimansyah (Unknown)
Darsiharjo Darsiharjo (Unknown)
Encep Syarief Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Karakter peduli lingkungan siswa SMA Negeri 3 Purwokerto masih rendah, padahal terletak di wilayah kabupaten rawan bencana alam: banjir, longsor lahan, kekeringan, dan angin puting beliung. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran studi kasus religius dalam bahan ajar mitigasi bencana untuk pengembangan karakter peduli lingkungan. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment, adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan angket, kemudian dianalisis secara kuantitatif  dan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan, berbantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran studi kasus religius dalam pembelajaran mitigasi bencana, efektif untuk pengembangan karakter peduli lingkungan pada siswa SMA Negeri 3 Purwokerto.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...