Kurikulum merupakan salah satu bagian vital dalam pendidikan. Hal ini disebabkan kurikulum merupakan ruh pendidikan yang dapat memberikan kehidupan dalam sistem pendidikan. Kurikulum juga merupakan kompas yang memberi arah petunjuk kemana pendidikan akan berjalan. Kurikulum harus dikelola dengan baik agar tujuan pendidikan dapat sepenuhnya dicapai. Oleh karena itu, peran manajemen kurikulum pendidikan menjadi sangat penting. Hal tersebut juga berlaku pada pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan peran manajemen kurikulum pendidikan Islam dalam menyampaikan dan menanamkan nilai-nilai Agama Islam kepada siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dengan melakukan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu orientasi dari kurikulum pendidikan adalah sebagai pelestari nilai-nilai termasuk nilai keagamaan. Oleh karena itu, kurikulum dapat menjadi alat untuk mengoptimalkan nilai-nilai Islam kepada siswa. Nilai-nilai agama Islam yang dapat dioptimalkan melalui kurikulum pendidikan Islam meliputi nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak.
Copyrights © 2022