Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan

Nindi Kartika Fajar Sari (Universitas Tanjungpura)
Siti Halidjah (Universitas Tanjungpura)
Asmayani Salimi (Universitas Tanjungpura)
Hery Kresnadi (Universitas Tanjungpura)
Rio Pranata (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan membaca permulaan siswa kelas I, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa diantaranya adalah kesulitan membaca gambar satu kata, belum mampu mengenal dan melafalkan huruf abjad, kesulitan membedakan huruf yang hampir sama, belum mampu mengeja, kesulitan membaca satu suku kata terbuka, membaca tersendat-sendat, cepat lupa dengan kata yang di ejanya dan mengeja dengan waktu yangcukup lama, faktor penyebab kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan dapat dilihat dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari siswa itu sendiri yaitu faktor minat dan faktor motivasi. Sedangkan faktor eksternal berasal dari orang tua maupun guru pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...