Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Observasi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu Kelas VII

A.Muh.Ayyub Ht (Universitas Muhammadiyah Mamuju)
Nur Silfiah Amin (Universitas Muhammadiyah Mamuju)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII, (3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran jurisprudensial dapat memotivasi siswa sehingga lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. (2) Model pembelajaran jurisprudensial dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa khususnya dalam hal mengarang , hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa, pada prasiklus menunjukkan mean 54,36, pada siklus I meningkat sebesar 67,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 80,1. (3) Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial . Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan tiap aspek mulai dari pratindakan, siklus I maupun siklus II. Kualitas isi memperoleh skor 18,6 pada pratindakan; 22,5 pada siklus I dan meningkat secara signifikan pada siklus II nilai rata-rata 23,3.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...