Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII, (3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran jurisprudensial pada siswa SMP IT Ashabul Kahfi Pasangkayu kelas VII . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran jurisprudensial dapat memotivasi siswa sehingga lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. (2) Model pembelajaran jurisprudensial dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa khususnya dalam hal mengarang , hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa, pada prasiklus menunjukkan mean 54,36, pada siklus I meningkat sebesar 67,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 80,1. (3) Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial . Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan tiap aspek mulai dari pratindakan, siklus I maupun siklus II. Kualitas isi memperoleh skor 18,6 pada pratindakan; 22,5 pada siklus I dan meningkat secara signifikan pada siklus II nilai rata-rata 23,3.
Copyrights © 2022