Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kepribadian Anak Sekolah Dasar Usia 7-12 Tahun

Dwi Agustia Kurnianingsih (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yusri Khairani Pulungan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Bagus Pribadi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fauziah Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak. Khususnya anak sekolah dasar usi 7-12 tahun dimana ia memerlukan arah dan juga belum sempurnanya pembentukan karakter yang baik pada dirinya. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur yang mengkaji dari beberapa sumber buku-buku, artikel dan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan pola asuh orang tua terhadap kepribadian anak. Analisis data menggunakan analisis deskripstif, analisis isi, dan analisis kritis. Hasil pengkajian tersebut dijadikan referensi untuk menemukan pengaruh pola asuh orangtua terhadap pembentukan kepribadian anak terutama anak sekolah dasar. Pola asuh orangtua dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Pada dasarnya setiap pola asuh yang diterapkan orang tua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua terhadap anak, diantaranya adalah karakteristik keluarga, karakteristik anak, dan lingkungan sekolah. Gaya pengasuhan yang tepat diterapkan pada anak sekolah dasar yang biasanya rata-rata berusia 7-12 tahun adalah pola asuh demokrasi. Dimana pola asuh ini lebih baik dalam mendidik kedisiplinan pada anak tetapi juga lebih fleksibel. Pola asuh ini membuat hubungan orangtua dan anak bersifat hangat dan komunikasi diantara keduanya bersifat mengasuh dan mendukung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...