Ensiklopedia Education Review
Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Desember 2022

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CYCLE LEARNING (PEMBELAJARAN BERSIKLUS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

Wangiman Wangiman (Pendidikan Agana Islam, STIT Payakumbuh)
Neneng Wahyuni (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh)
Wirda Linda (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Model Cycle Learning (Pembelajaran Bersiklus) Terhadap Keterampilan Menulis Resensi Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecematan Lareh Sago Halaban yang berjumlah 256 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 27 siswa dan XI IPA 4 yang berjumlah 28 siswa dengan menggunakan teknik cluster rondom sampling dalam pengambilan sampelnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan uji ‘t’ dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data menunjukkan bahwa, model Cycle Learning (Pembelajaran Bersiklus) berpengaruh dalam pembelajaran menulis resensi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa, yang mana pada waktu prates nilai rata-rata/mean () adalah 60,8. Setelah diterapkan model pembelajaran cycle learning (pembelajaran bersiklus) dalam proses pembelajaran pada waktu posttes dengan nilai rata-rata/mean () adalah 81,86. Hal ini dilihat bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung =2, 583 > ttabel = 2,021), karena thitung lebih besar dari ttabel  maka Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Jadi hasil pembelajaran siswa kelas ekperimen yang diajar dengan model pembelajaran cycle learning (pembelajaran bersiklus) lebih baik dibanding hasil pembelajaran siswa kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvesional.Kata Kunci: model, cycle learning, menulis resensi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember. ...