Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an Melalu Metode Tahrir Pada Suku Anak Dalam Kabupaten Muaro Jambi

Umil Muhsinin (Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
M. Azir M. Azir (Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Andi Nurhasanah (Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Gupo Matvayodha (Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengentaskan buta aksara al-Qur’an melalui metode Tahrir pada suku anak dalam Kabupaten Muaro jambi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode deskriptif analisis, dengan lokasi pengabdian ditetapkan secara sengaja yaitu dipilih Kabupaten Merangin. Adapun hasil penelitian ini berdampak posistif pada pemberantasan buta aksara al-Qur’an. Melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini, Pelatihan membaca Al Quran dengan Metode Tahrir pada Ibu rumah tangga di desa nyogan kabupaten muaro jambi berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan Metode Tahrir dengan baik walaupun masih sedikit terbata-bata namun peningkatan yang signifikan dapat di lihat dari hasil sebelumnya begitu sulit memahaminya namun dengan metode tahrir yang telah diterapkan, ibu rumah tangga di desa nyogan kabupaten muaro jambi sanagat antusias serta penuh semangat tinggi untuk dapat Latihan membaca Al Quran dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...