Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriftif kualitatif yang dianalisis menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan model matriks faktor internal (IFAS) dan matriks faktor eksternal (EFAS) bertujuan untuk mengetahui strategi e-commerce dalam meningkatkan tingkat hunian, proses kegiatan penelitian ini peneliti juga melakukan pengumpulan data primer, yaitu; melakukan wawancara dengan narasumber, kuesioner, observasi dilapangan lalu melakukan pengumpulan data sekunder, yaitu; studi literatur, dan laporan atau data yang relevan. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa peranan e-commerce service good atau online travel agent telah berkontribusi dengan baik, namun transaksi e-commerce melalui direct website atau hotel web masih belum maksimal. Rekomendasi untuk White Tree Residence peneliti membagi kedalam 2 (dua) rekomendasi, yaitu: (1) saran perbaikan pemasaran melalui e-commerce, (a) eksposure sosial media, (b) paket room promo, (c) kemudahan transaksi melalui hotel web, (d) loyalty program terintegrasi, (e) meningkatkan kerjasama e-commerce. (2) saran perbaikan sarana dan prasarana yang mendukung tingkat penjualan dan kepuasan tamu melalui e-commerce, (a) menambah kafasitas kamar, (b) penambahan fasilitas meeting room, (c) peluasan fasilitas parkir, (d) sarana transportasi, (e) peran serta owner.
Copyrights © 2022