Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Implementasi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata

Fathurrahman Fathurrahman (Universitas Negeri Yogyarkata)
Dyah Kumasalari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Heri Susanto (Universitas Lambung Mangkurat)
Nurholipah Nurholipah (UIN Antasari Banjarmasin)
Saliman Saliman (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penanaman karakter harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik. Program adiwiyata menjadi salah satu program yang di kembangkan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup­. ­Program ini sebagai upaya dalam menanamkan karakter peduli lingkungan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembentukan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata di MIN 3 Banjarmasin. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata dapat membentuk karakter peduli lingkungan di MIN 3 Banjarmasin. Karakter peduli lingkungan yang tertanam pada peserta didik melalui program adiwiyata meliputi gotong royong, disiplin, dan kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...