Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2022): Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Pengetahuan Kelompok Wanita Tani Kelurahan Gerem Mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Hama Dalam Meningkatkan Hasil Panen

Sukendar (Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya, Indonesia)
Rethorika Berthanila (Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya, Indonesia)
Syuryansyah (Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Untuk menangani permasalahan pertanian di Indonesia memerlukan dukungan berbagai pihak. Salah satunya melalui program Kelompok Wanita Tani atau KWT. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan di Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon. Pada survei yang dilakukan, tim pengabdian menemukan permasalahan dalam penanggulan hama yang dapat menganggu hasil panen sayuran di kelurahan tersebut. Pentingnya pencegahan dan penanggulangan hama tersebut dianggap penting untuk disampaikan kepada Wanita tani di kelurahan gerem, mengingat kelompok Wanita tani merupakan salah satu agen kesejahteraan tani di pedesaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada kelompok Wanita tani mengenai pencegahan dan pengendalian hama. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui tahap sosialisasi, perizinan, tahap persiapan dan tahap evaluasi. Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini baik pada saat sosialisasi, diskusi maupun bimbingan teknis dilapangan, telah terlaksana dengan baik dan mendapat respon yang positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PS2PM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Bantenese adalah Publikasi ilmiah dibidang Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PS2PM) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) dengan nomor e-ISSN 26561840 yang mencakup : Pemberdayaan Masyarakat, ...