Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Ani Rosidah (Universitas Majalengka)
Zulkarnain Zulkarnain (Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan melalui tahapan tahapan seperti : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV SDN Heuleut dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa dari 55, 17% pada siklus I meningkat menjadi 89,65% pada siklus II. Berdasarkan hasil tes evaluasi siswa pada siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada materi KPK dan FPB mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...