Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Teknik Emotion Focused Coping Untuk Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Melalui Konseling Individual

Wa Ode Husniah (Universitas Muhammadiyah Buton)
Muhammad Iqbal Fauzi (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Pada tingkat akhir mahasiswa menghadapi berbagai ketentuan dalam menyelesaikan kuliahnya agar dapat menyandang gelar sarjana. Dalam penyelesaian tugas akhir atau skripsi tersebut tidak tertutup kemungkinan terjadi stress pada diri individu akibat tekanan yang diterima Stress akademik adalah tekanan akibat persepsi subjektif terhadap suatu kondisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kondisi mahasiswa yang mengalami stres, dan bentuk penanganan konseling individual teknik emotion focused coping, serta mengetahui tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa setelah pemberian layanan konseling individual teknik emotion focused coping. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dengan menggunakan tahapan studi kasus dengan subyek penelitian mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Buton. layanan yang digunakan dalam penyelesaian stress akademik yaitu layanan konseling individual dengan teknik Emotion Focused Coping yang dilakukan berdasarkan tahapan teknik Emotion Focused Coping. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian layanan konseling individual teknik Emotion Focused Coping dapat mengatasi mahasiswa yang mengalami stres akademik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...