Semiotika: Jurnal Komunikasi
Vol 16, No 2 (2022): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN MCDONALD’S INDONESIA VERSI “McDelivery Lakukan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung”

Aquilla Erlangga (Universitas Al-azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Dengan menganalisa ‘Iklan Mcdelivery Lakukan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung’ menggunakan semiotika, saya ingin mengetahui makna yang terkandung pada iklan tersebut. Dalam penelitian ini saya selaku peniliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penelitian pustaka dan menganalisisnya menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure. Dapat diketahui bahwa banyak sekali makna secara tersirat yang terdapat dalam iklan tersebut, Iklan “McDelivery Lakukan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung” ingin memberikan gambaran atau pesan kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran COVID-19 yang dilakukan oleh pihak McDonald’s dengan cara mengirimkan atau mengantar makanan tanpa kontak langsung guna mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, agar tidak ragu dan yakin saat mengkonsumsi produk dari McDonald’s.Kata Kunci: Ferdinand De Saussure, Semiotika, Pemaknaan Iklan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semiotika

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah “SEMIOTIKA” diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), Universitas Bunda Mulia secara rutin dan berkala sesuai dengan periode terbit per semester (6 bulan), yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi jurnal “SEMIOTIKA” membuka ...