Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra)
Vol 5 No. 2 Tahun 2022

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA SMP

Riniwati Br Sembiring (STKIP Riama Medan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Empat melalui penggunaan metode problem solving dengan materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang di kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 68 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80. Aktivitas guru dilihat dari observasi siklus I sebesar 65% sedangkan pada siklus 85%, aktivitas siswa pada siklus I ditemukan sebesar 72 sedangkan pada siklus II sebesar 86. Dari hasil analisis dan pembahasan membuktikan bahwa pembelajaran IPA melalui penggunaan model problem based learning suhu materi dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) erbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta ...