Informatik : Jurnal Ilmu Komputer
Vol 18, No 3 (2022): Desember 2022

Analisis Sentimen terhadap Produk Skin Game di Forum Review Female Daily Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes dan TF-IDF

Quina Alifa Nanda Prakoso (UPN Veteran Jakarta)
Anita Muliawati (UPN Veteran Jakarta)
Ika Nurlaili Isnainiyah (UPN Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Female Daily merupakan salah satu platform online yang berfokus di bidang kecantikan dan memiliki forum review dengan lebih dari 50.000 produk kosmetik yang dapat direview oleh membernya. Salah satu brand yang berada di platform ini adalah Skin Game, brand kosmetik lokal yang didirikan pada tahun 2019. Dalam proses pemilihan skincare, seringkali calon pembeli membutuhkan opini orang, oleh karena itu Female Daily hadir memenuhi kebutuhan tersebut. Namun dengan banyaknya review yang tersedia, pengguna membutuhkan waktu untuk membaca beberapa review terlebih dahulu. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mempermudah hal tersebut adalah klasifikasi polaritas sentimen pada review produk. Dalam penelitian ini, 450 data review produk Acne Warrior dari brand Skin Game diambil melalui forum review Female Daily kemudian diklasifikasi menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes dan TF-IDF untuk mengetahui sentimennya. Hasil evaluasi model pada penelitian ini mendapatkan accuracy sebesar 86,6%, precision 89,1%, recall 94,2%, dan specificity 60%.   Hasil penelitian ini berupa polaritas sentimen terhadap produk Skin Game. Berdasarkan hasil pelabelan, dari 450 review, 342 review (76%) memiliki sentimen positif yang artinya cocok serta merasakan manfaat dari produk tersebut dan 108 review (24%) memiliki sentimen negatif yang artinya tidak cocok atau produk Acne Warrior Skin Game tidak memenuhi ekpektasi pengguna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

informatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Informatik menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada area Internet Business & Application, Networking & Cyber Security, Statistics & Computation, Elearning & Multimedia, Robotics & ...