Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2022): Mei-Agustus 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KORESPONDENSI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMKS BUDI ASIH

Irma Amalia Fauzan (SMK Budi Asih, Jakarta, Indonesia)
Jamaluddin Jamaluddin (Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Zainuddin Zainuddin (SMK Negeri 4, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini berisi tentang Peningkatan Hasil Belajar Korespondensi Melalui Model Problem Based Learning di SMKS Budi Asih. Subyek penelitian adalah 18 peserta didik kelas XOTP SMKS Budi Asih. Hasil observasi pada prasiklus yang hanya menerapkan model konvensional menunjukan penurunan pada hasil belajar peserta didik. Hasil observasi pada prasiklus dilatarbelakangi pada proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga peserta didik masih kurang termotivasi akibatnya hasil belajar menurun. Hasil Belajar pada pra siklus hanya 40% peserta didik yang mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, yaitu menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi dan lembar tes. Perencanaan dengan menggunakan model Problem Based Learning ini menekankan pada hasil belajar. Penelitian menunjukan hasil memuaskan, terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap materi. Hasil Postes dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus 1 dengan presentase 70%. Hasil postes pada siklus ke 2 juga mengalami peningkatan sebesar 86%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran Korespondensi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...