EQIEN - JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
Vol 11 No 04 (2022): EQIEN- JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

TINJAUAN MANAJEMEN PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN INDIHOME PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

Daniel Oktavianus Kristian S (Unknown)
Arif Rahman Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Dalam era digital saat ini, penanganan keluhan pelanggan sangat dibutuhkan demi meningkatkan kepercayaan dan mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap produk/jasa perusahaan. Media sosial khususnya twitter juga menjadi salah satu saluran dalam fungsi yang menjadi sarana pengaduan. Manajemen penanganan keluhan yang baik khususnya pada media sosial twitter diperlukan agar tidak menimbulkan sentimen negatif pada perusahaan. Salah satu contoh fenomena kasus dimana keluhan berkembang menjadi sentimen negatif adalah saat Indihome menjadi trending topic. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjawab suatu pertanyaan secara mendalam berdasarkan kondisi obyektif serta penguatan dari beberapa sumber, sehingga akan diketahui detil alur penanganan saluran pengaduan pada media sosial Indihome serta upaya dan langkah penanganan bagi keluhan yang di utarakan lewat media sosial Twitter yang perlu diklarifikasi via telepon dan jika masalahnya sudah terselesaikan, maka customer care akan mengklarifikasi ulang melalui media sosial kembali sebagai balasan publik. Selain itu, diperlukan pula peningkatan kecepatan penanganan keluhan serta framing / kampanye publik yang positif untuk mengcounter berita negatif agar kepercayaan pelanggan maupun publik meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OJS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal E-Qien adalah wadah informasi ilmiah bidang ilmu ekonomi dan bisnis, berupa hasil studi kepustakaan maupun studi empiris. Volume 6 Nomor 1 Bulan Februari Tahun 2019. Frekuensi terbitan 2 kali dalam ...