Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management
Vol 5 No 2 (2022): Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Ev

Peran Perempuan Dalam Kegiatan Pariwisata Di Pantai Oetune (Studi Kasus Pada Desa Tuafanu Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Yudha Eka Nugraha (Politeknik Negeri Kupang)
Helen I. S. Balukh (Politeknik Negeri Kupang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Pantai Oetune merupakan daya tarik wisata berbasis alam di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Secara geografis, Pantai Oetune berdekatan dengan masyarakat setempat penduduk Desa Tuafanu. Hal ini memungkinkan interaksi antara masyarakat lokal dan turis di Pantai Oetune terutama kelompok masyarakat perempuan yang menunjang kegiatan pariwisata di Pantai Oetune. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui peran perempuan pada kegiatan pariwisata di daya tarik wisata pantai dengan pendekatan metode kualitatif. Wawancara dan observasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa peran perempuan dalam kegiatan pariwisata di Pantai Oetune terbagi menjadi tiga yakni (1) Peran Perempuan dalam atraksi wisata seperti tari-tarian, menenun, melestarikan budaya lokal berupa kebiasaan lokal, (2) peran perempuan dalam pengelolaan fasilitas wisata seperti homestay, makanan minuman, memasarkan cenderamata, (3) Peran perempuan dalam pengelolaan organisasi pariwisata. Selain peran, terdapat beberapa kendala dalam mendukung kegiatan pariwisata yakni kurangnya sumber pendanaan, kurangnya koordinasi, dan terbatasnya keahlian masyarakat lokal khususnya perempuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

art

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The publication of this journal is a scientific journal in the field of tourism studies. The manuscript can be research papers, review articles, as well as conceptual, technical, and methodological papers on all aspects includes research findings, experimental design, analysis, and recent ...