ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2022): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MTs PADA MATERI LINGKARAN

Devina Berliani (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)
Dewi Asmarani (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk melihat apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Sampel yang diambil adalah dua kelas yang memiliki kemampuan rata-rata sama dengan jumlah sampel 62 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan teknik uji-t. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII, hal ini terlihat dari nilai t.hitung > t.tabel yaitu 3,002 > 2,000. 2) besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII adalah 0,8 atau 79% yang termasuk ke dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...