ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2022): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Penggunaan Strategy Diskursus Multy Representation(DMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

Firman Ramadhan (UIN Khas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berfokus untuk mengetahui kemampuan pemecahan msalah matematis siswa sebelum diterapkan Strategy Diskursus Multy Representation (DMR) pada pembelajaran matematika,untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan Strategy pembelajaran DMR serta untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan Strategy pembelajaran DMR. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis lembar observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan Strategy pembelajaran DMR pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil tes yang diberikan pada siklus I dan II diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,65 dan 69,24 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I dan II yaitu 58,82% dan 76%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategy pembelajaran DMR dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV MIN 4 Jember pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Strategy pembelajaran DMR, pembelajaran matematika Abstract: This study was Focused to determine students' mathematical problem solving abilities before applying the Multi-Representation Discourse Strategy (DMR) in mathematics learning, to describe the process of learning mathematics using the DMR learning Strategy and to determine students' mathematical problem solving abilities in mathematics learning using the DMR learning Strategy. . This study used the Class Action Research (CAR) method which was carried out in two cycles, where each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The data analysis technique used in the form of analysis of observation sheets of teacher teaching activities and student learning activities as well as data analysis of students' mathematical problem solving ability tests. Based on the results of the study, it was found that students' mathematical problem solving abilities using the DMR learning Strategy in learning mathematics had increased. This is based on the results of the tests given in the first and second cycles, the average values ​​of 66.65 and 69.24 were obtained with the percentage of classical learning completeness in cycles I and II, namely 58.82% and 76%, respectively. So it can be concluded that the DMR learning Strategy can improve the mathematical problem solving ability of fourth grade students of MIN 4 Jember in learning mathematics. Keywords: DMR learning Strategy, mathematics learning, mathematical problem solving abillity

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...