Bosowa Journal of Education
Vol 3 No 1 (2022): Bosowa Journal of Education, Desember 2022

Pengaruh Status Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Emma Wulandari Wahyuni (Sekolah Dasar Telkom Makassar)
Muhammad Yunus (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Andi Hamsiah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap  hasil belajar IPS siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 51 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu purposive sampling. Data penelitian yang diperoleh melalui pengisian  kuesioner pada sampel penelitian, kemudian ditentukan kriteria dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian diperoleh bahwa status sosial dan ekonomi orang tua berada pada kategori sangat tinggi. Melalui uji t diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini.  Dengan demikian terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. This study aims to (1) describe the socioeconomic status of parents of elementary school students in Rappocini District, Makassar City, (2) find out the description of social studies learning outcomes for fourth-grade elementary school students in Rappocini District, Makassar City, (3) determine the effect of socioeconomic status parents on social studies learning outcomes for elementary school students in Rappocini District, Makassar City. This research is quantitative correlational research. The subjects in this study were 51 students. The technique used in sampling is purposive sampling. Research data was obtained by filling out questionnaires on the research sample, then determined the criteria using a Likert scale. The results of the study showed that the social and economic status of parents was in the very high category. Through the t-test, it is known that the socioeconomic status of parents has a positive and significant effect on student learning outcomes in Class IV Elementary Schools in Rappocini District. Thus there is an influence of parents' socioeconomic status on social studies learning outcomes for elementary school students in Rappocini District, Makassar City.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...