Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
Vol 8, No 2 (2022): Juli- Desember 2022

TINGKAT STRES AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP DI MASA PANDEMI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Ana Sahara (Semarang State University)
Muslikah Muslikah (Semarang State University)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Stres akademik adalah suatu kondisi yang dialami peserta didik karena banyaknya tuntutan akademik. Banyak faktor yang membuat seseorang mengalami stres akademik. Untuk saat ini pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu faktor munculnya stres akademik yang dialami peserta didik karena belum terbiasa melakukan pembelajaran dalam jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres akademik yang dirasakan peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 258 siswa SMP Negeri di Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akademik yang dialami peserta didik ada pada kategori tinggi (M=57,47) dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta didik SMP mengalami stres akademik selama pembelajaran jarak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attaujih

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai ...