Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2022): April

E-Modul Interaktif Agama Hindu dengan Model 4-D

I Ketut Septiyan Kurniawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Kadek Suartama (Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Alexander Hamonangan Simamora (Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Banyak guru yang tidak melakukan dan memahami langkah-langkah pemilihan media tersebut secara baik dalam pembelajaran. Banyak guru yang masih berpusat pada dirinya atau papan tulis sebagi satu-satunya media dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan E-modul interaktif agama hindu dengan model 4-D untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari ahli isi mata pelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat sangat baik (100%), hasil review ahli media pembelajaran E-Modul menunjukkan produk berpredikat baik (87%), hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat cukup (68%), hasil uji perorangan menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (92,3%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (93,58%). Hasil menunjukkan bahwa E-Modul dalam mata pelajaran Agama Hindu terbukti memiliki kualitas yang baik dalam pembelajaran Agama Hindu. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...