Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 9, No 2 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 2 SAMARINDA PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA

Pintaka Kusumaningtyas (Universitas Mulawarman)
Rismawati Rismawati (Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman)
Muflihah Muflihah (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Samarinda pada materi larutan asam dan basa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian posttests only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tenik cluster random sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media quizizz dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media quizizz. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji F dan uji t independent sample T Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 79 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 76. Hasil analisis uji normalitas, uji F dan uji t independent sample T Test setelah perlakuan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Samarinda pada materi larutan asam dan basa.Kata kunci: Media Evaluasi, Hasil Belajar, Larutan Asam dan Basa

Copyrights © 2022