Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa agar dapat mengkomunikasikan pemikiran matematika dalam penyelesaian masalah. Namun, faktanya kemampuan siswa masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Darul Ulum Ahuhu di Konawe dengan konteks kearifan lokal yang terdiri atas 3 aspek yaitu menulis, menggambar, dan mengespresikan matematika. Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VII MTs Darul Ulum Ahuhu tahun pelajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siwa dalam konteks kearifan lokal. Data yang telah dihimpun dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 13,33% siswa MTs Darul Ulum Ahuhu memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam katogori tinggi, 56,67% (17 siswa) dengan kategori sedang, dan 30% (9 siswa) pada kategori rendah. Pada ketercapaian masing-masing aspek komunikasi matematis, sebanyak 88% siswa pada aspek menulis, 57% siswa pada aspek menggambar dan sebesar 51% siswa pada aspek mengekspresikan matematika. Siswa dengan kategori tinggi telah memenuhi 3 aspek komunikasi matematis, siswa kategori sedang hanya mampu memenuhi 2 aspek (menuliskan dan menggambarkan), dan siswa dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi aspek menuliskan.
Copyrights © 2022